Pengaruh permalink Content Terhadap SEO

Pertama-tama saya bahas apa itu Link. Seperti yang saya kutip dari sumber
"Link yang merupakan singkatan dari “hyperlink” adalah sebuah fungsi dalam HTML yang digunakan untuk memudahkan user untuk menelusuri seluruh isi atau informasi yang tersimpan dalam website bersangkutan. Link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML." dan sumber 
"tujuan utama dari internal linking adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks semua halaman, dan melihat struktur blog saya secara keseluruhan. Struktur website yang rapih akan membuat semua halaman website Anda terindeks dengan baik di Search Engine, dan ini artinya halaman situs Anda akan mudah dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine, misalnya Google."
Berdasarkan 2 (dua) kutipan di atas jelas Link content berpengaruh terhadap SEO. Lalu hal apa yang mesti kita lakukan?

Sebagai blogger pemula, saya selalu membuat link content secara lengkap contoh:

Judul: Membuat Ebook Dengan Mudah Menggunakan Open Office
Link: http://saktiuy.blogspot.co.id/2014/03/membuat-ebook-dengan-mudah-menggunakan-openoffice.html

jelas terlihat link judul tsb saya menggunakan full text sesuai dengan title atau judul contentnya. terkadang saat kita membuat judul yang panjang, blogspot akan memotong otomatis link tsb karena terlalu panjang. tapi hal itu bisa kita buat menjadi full text sesuai title atau judul contentnya. cara sebagai berikut:

1. Masuk blogger.com menggunakan user dan password anda
2. Klik New Post
3. Bualah Judul atau title postnya
4. Klik Permalink seperi gambar di bawah

5. Pilih "Custom Permalink" dan ketik sesuai judul atau title contentnya secara lengkap. contoh lihat gambar. lalu klik "Done." *setelah klik "Done" permalink tidak bisa diubah kembali.


Jadi apa manfaat permalink diblogger?

1. Sudah barang tentu fasilitas ini pasti memiliki manfaat besar bagi blog, terutama dalam memaksimalkan SEO on page di artikel.

2. Manfaat permalink lainnya, permalink memudahkan kita sebagai pengguna blogger untuk mengelola blog lebih baik lagi dengan memasang url artikel kita sesuai dengan judul artikel yang kita inginkan. Karena biasanya jika judul artikel kita terlalu panjang, maka yang akan terjadi adalah url artikel kita nantinya akan terpotong pada kata yang berada di tengah.

Dengan memanfaatkan fasilitas permalink seperti contoh diatas, jelas tentu SEO on page pada artikel akan memiliki nilai lebih tersendiri, karena memiliki kerelevanan antara judul artikel dengan url artikel, dengan begitu mesin pencari akan lebih mudah merayapi artikel dan otomatis traffik juga meningkat.
Related:
5 Sakty Blog: Pengaruh permalink Content Terhadap SEO Pertama-tama saya bahas apa itu Link. Seperti yang saya kutip dari  sumber " Link yang merupakan singkatan dari “hyperlink” adalah s...

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan selalu meninggalkan jejak.

>